ATM Machine


 ATM Machine

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membuat program mesin ATM sederhana dengan skenario fungsionalitas dari prorgram mesin ATM tersebut sebagai berikut :

  1. ATM menampilkan menu utama.
  2. Pengguna memasukkan pin ATM nya.
  3.  Pengguna memilih jumlah tarik tunai jika ada di layar
  4.  Jika tidak ada, pengguna masuk ke transaksi lainnya
  5. Pengguna memilih Penarikan tunai
  6.  Pengguna memasukkan berapa jumlah nominal uang yang akan ditarik
  7. Mesin mencetak struk hasil penarikan

Dengan berdasarkan skenario fungsionalitas diatas, maka class - class yang dibutuhkan untuk membuat program mesin ATM adalah :

1. Menu_Utama, yaitu sebagai class utama yang berisi fungsi - fungsi untuk memproses class - class lain pada program.

2. Account, untuk menyimpan akun pengguna yang berisi pin dan saldo pengguna.

2. Transaksi, yaitu class yang menampilkan transaksi apa saja yang ada di ATM.

3. Penarikan_Tunai, yaitu class yang memproses penarikan tunai dari pengguna.

4. Struk, yaitu class yang bertugas mencetak hasil penarikan tunai dari pengguna.

5. Class - Class selain Penarikan_Tunai di Transaksi belum dapat digunakan.


Diagram Class pada BlueJ adalah sebagai berikut :

Source Code dari tiap-tiap class nya adalah : 

Class Menu_Utama

Class Account

Class Transaksi

Class Struk

Class Penarikan Tunai

Dikarenakan Class - Class lain seperti Pembayaran, Transfer, Flazz dll yang ada pada transaksi belum digunakan, maka source code nya saya rasa tidak perlu saya tulis disini.

Untuk penjelasan dari class - class dan outputnya bisa ditonton di video berikut :


Terimakasih, kurang lebihnya mohon maaf, Wassalamu'alaikum wr.wb.



Nama    : Rizqi Rifaldi
NRP      : 05111940000068
Kelas     : PBO A

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Text Editor

World of Zuul Game