Exception Handling

 Exception Handling

Untuk menangani error yang terjadi pada program java, Exception error merupakan hal yang dapat dilakukan. Secara umum, jika program mengalami error, maka program yang dieksekusi hanya merupakan bagian program sebelum error terjadi, namun dengan menggunakan Exception Handling, program akan tetap berjalan walaupun terjadi error.

 Exception Handling dapat diaplikasikan dengan menggunakan keyboard try-catch dengan fungsinya adalah sebagai  berikut :

  • Try       : Menentukan bagian statemennt program dimana akan terjadi exception / pengecualian. Try ini harus diikuti oleh catch atau finally
  • Catch   : Manangani kesalahan atau pengecualian yang terjadi. Catch ini tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya try dan catch juga dapat diikuti oleh finally.
  • Finally : Digunakan untuk mengeksekusi bagian code yang penting dari suatu program.

Beberapa exception yang biiasa terjadi dalam suatu program adalah :

  • Arithmatic Exception, yaitu exception yang terjadi pada perhitungan aritmatika, contohnya jika suatu bilangan dibagi dengan 0
  • Null Pointer Exception, yaitu exception yang terjadi jika object yang ingin dia kses masih NULL, maka tidak bisa akses method dari object tersebut.
  • Number Format Exception, yaitu exception yang terjadi jika ingin melakukan casting tipe data string ke int maka akan terjadi kesalahan ini.
  • IO exception, yaitu exception yang terjadi jika yang diminta adalah angka, tapi diinputkan berupa String

 Contoh program yang menggunakan Exception Handling adalah :

Dan outputnya adalah :

Dapat dilihat dalam output yang dihasilkan, awalnya jika tipe data integer dimasuki oleh string maka terjadi error dan program akan terhenti, tetapi dengan adanya exception handling, program tetap dapat berjalan.


Terimakasih maaf bila ada banyak kekurangan.


Nama    : Rizqi Rifaldi

NRP      : 05111940000068

Kelas     :  SBD C

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Text Editor

World of Zuul Game

ATM Machine